Loading...

Friday, August 29, 2014

IKAN SURGA YANG TERLUPAKAN DARI DANAU AYAMARU


Selama ini banyak orang telah mengenal tentang burung Surga, namun ada pula ikan surga yang kini sudah popular dan mendunia dengan keunikan yang tak kalah jauh dan bahkan jauh lebih popular dari spesies ikan lainnya yang berada diperairan air tawar . Melanotaenia Boesemani adalah salah satu jenis spesies ikan endemik yang langkah dan hidup di perairan air tawar dengan jenisnya yang sangat bervariasi, serta memiliki keunikan yang paling diminati oleh para penggemar ikan aquarium air tawar  diberbagai manca negara. Melanotaenia Boesemani itu dinamai untuk menghormati Dr Marinus Boeseman yang adalah seorang kebangsaan Belanda yang pertama kali menemukan jenis ikan ini di danau Ayamaru dan beberapa danau lainnya yaitu danau Hain dan danau Aitinyo.
Ikan Melanotaenia Boesemani adalah spesies ikan endemik/ asli Papua yang merupakan ikan hias/ ikan aquarium yang mana menjadi ikon bagi danau Ayamaru. Untuk itu, maka danau Ayamaru memiliki potensi yang sangat luar biasa walaupun selama ini masyarakat, pemerintah dan elemen lainnya belum tahu bahwa dalam danau tersebut menyimpan harta karun yang sangat berharga. 



 Oleh sebab itu, maka tentunya masyarakat, pemerintah, dan elemen lainnya ikut dalam memelihara dan melestarikan alam sehingga spesies tersebut tidak punah. Pada tahun 1989 orang dari berbagai kampung yang berada di sekitar Ayamaru telah menangkap begitu banyak ikan ini, ditangkap dengan tujuan untuk perdagangan Aqurium sehingga spesies ini berada pada ambang kepunahan. Diperkirakan sekitar 60.000 ekor Boesemani jantan ditangkap setiap bulan dan diselundupkan  kepada para eksportir di Jakarta. Akhirnya pemerintah Indonesia melarang industri ini (Polhemus 2004 ) .Melanotaenia Boesemani sudah dimasukan dalam : IUCN 2013. IUCN Red List of Threatened Species < www.iucnredlist.org >. Melanotaenia Boesemani sudah terdaftar dalam lembaga IUCN sebagai species endemik yang ada di danau Ayamaru yang terletak pada sentral kepala burung West Papua, yang mana termasuk dalam kategori spesies yang terancam punah. 

 Motto : “Take care the nature and the nature will take care of you

Penulis, Marthen Atanay

 Anggota Komunitas Save Ayamaru Lakes
 https://www.facebook.com/pages/Save-Ayamaru-Lakes/740849545933563?fref=ts

1 comment: